Kamis, 12 Mei 2016

SILABUS SMP/MTs SEMESTER GANJIL

SILABUS KELAS VII SEMESTER GANJIL

SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA


Satuan Pendidikan          : SMP/MTs

Kelas/Semester                : VII/1(Ganjil)

Jenis Teks                        : Teks Cerita Moral/Fabel


Kompetensi Inti               :             
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong). Santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dengan jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari atau di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

Kompetensi Dasar
Materi  Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulisan.

2.3 Memiliki perilaku demokratis, kreatif dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah.

3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan.

4.2 Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan


Ø Teks cerita moral/fabel

Ø Struktur Teks
·     orientasi
·     komplikasi
·     resolusi
·     koda

Ø Unsur Kebahasaan
·   kata kerja : kata kerja aktif transitif dan aktif intransitif
·   kata sandang si dan sang
·   kata keterangan tempat dan waktu
·   kata hubung lalu, kemudian, dan akhirnya

Ø   Langkah langkah menyusun teks cerita moral/fabel.
PERTEMUAN PERTAMA
1.    Guru memberikan apersepsi kepada siswa.
2.    Guru mempersiapkan siswa agar siap belajar.
3.    Guru memberikan ilustrasi pembelajaran.

4. Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.

Mengamati.
1.      Siwa mendapatkan pengarahan dari guru apa itu teks certa moral/fabel sebelum mengamati pemodelan menyusunan teks cerita moral/fabel.
2.       Siswa membaca dan memahami teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat.

Menanya.
1.       Dari hasil membaca dan memahami, siswa berdikusi secara klasikal dan bertanya kepada guru terkait dengan menyusunan teks cerita moral/fabel dengan sikap santun dan percaya diri.

Mengumpulkan Informasi
1.       Siswa membuat simpulan terkait materi yang telah dipelajari dengan sikap disiplin dan tanggungjawab.
2.       Siswa membangun konsep pengetahuan mengenai menyusun teks cerita moral/fabel yang telah dimiliki dengan pengetahun baru dari hasil mengamati pemodelan menyusun teks rekaman percobaan dengan sikap disiplin dan tanggungjawab.

Mengasosiasi.
1.       Siswa menganalisis kebenaran materi yang telah diperoleh dengan sikap jujur dan tanggungjawab.
2.       Siswa menganalisis teks  cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat dengan menentukan unsur kebahasaannya serta langkah pembuatannya dengan sikap jujur dan tanggung jawab.

PERTEMUAN KEDUA
1.    Guru memberikan apersepsi kepada siswa.
2.    Guru mempersiapkan siswa agar siap belajar.
3.    Guru memberikan ilustrasi pembelajaran.
4. Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.

Mengkomunikasikan
1.    Siswa mengumpulkan data berdasarkan kegiatan percobaan yang pernah dilakukan pada mata pelajaran keterampilan kelas VII.
2.    Berdasarkan data tersebut, siswa menyusun teks cerita moral/fabel  dengan memperhatikan unsure serta kaidah kebahasaan yang digunakan.


3. Siswa lain menanggapi hasil menyusun teks cerita moral/fabel dari temannya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Sikap :
Observasi
·  Tanggung jawab dan jujur dalam  melaksanakan tugas
·   Santun  dalam  berdiskusi
·   Kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok
·   Toleransi dalam  mendengarkan pendapat teman di kelompok


Pengetahuan:
Tes tertulis
·  Kemampuan menjawab isi dan unsur kebahasaan teks eksemplum
· Kemampuan menjawab struktur teks eksemplum


Keterampilan:
Unjuk kerja
·  Kemampuan menulis /memodifikasis teks eksemplum berdasarkan langkah-langkah.
4x45 menit
Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar