RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/Semester :
VIII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Topik :
Teks Cerita Moral/Fabel.
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong). Santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dengan jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari atau di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang atau teori.
B.
Kompetensi
Dasar
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulisan.
2.3
Memiliki perilaku demokratis, kreatif dan santun dalam membantah sebuah sudut
pandang tentang suatu masalah.
3.1
Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2
Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.2.1 Terbiasa
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai implementasi rasa
syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesiadi antaranya dalam memahami
teks cerita fabel, struktur teks cerita fabel.
2.1.1 Memiliki
perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit.
3.1.1 Memahami teks cerita fabel berjudul Semut
Yang Hemat .
3.1.2 Memahami unsur kebahasaan teks cerita fabel
berjudul Semut Yang Hemat.
4.1.1 Menyusun
teks cerita fabel dengan kata-kata sendiri.
4.1.2 Menyusun
teks cerita fabel yang urut dan sesuai dengan kaidah kebahasaan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran berlangsung diharapkan siswa mampu:
1.
Siswa
dapat memahami teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat.
2.
Siswa
dapat memahami struktur teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat.
3.
Siswa
dapat menjelaskan langkah-langkah penyusunan teks cerita moral/fabel.
4.
Siswa
dapat menyusun teks cerita moral/fabel dengan struktur yang logis dan sesuai
dengan kaidah kebahasaan.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Isi
Teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat.
2.
Struktur
Teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat. .
3.
Ciri
unsur kebahasaan pada teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat..
4.
Langkah
penyusunan teks cerita moral/fabel.
F.
Alokasi
Waktu
4 x 45 menit
G.
Metode
Pembelajaran
Metode Inquiry, ceramah, penugasan.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan.
|
1.
Guru
memberikan apersepsi kepada siswa.
2.
Guru
mempersiapkan siswa agar siap belajar.
3.
Guru
memberikan ilustrasi pembelajaran.
4.
Guru
menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.
|
15
menit.
|
Ceramah.
|
2
|
Inti
|
Mengamati.
1.
Siwa
mendapatkan pengarahan dari guru apa itu teks certa moral/fabel sebelum
mengamati pemodelan menyusunan teks cerita moral/fabel.
2.
Siswa
membaca dan memahami teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat.
Menanya.
1.
Dari
hasil membaca dan memahami, siswa berdikusi secara klasikal dan bertanya
kepada guru terkait dengan menyusunan teks cerita moral/fabel dengan sikap
santun dan percaya diri.
Mengumpulkan Informasi
1.
Siswa
membuat simpulan terkait materi yang telah dipelajari dengan sikap disiplin
dan tanggungjawab.
2. Siswa membangun konsep pengetahuan
mengenai menyusun teks cerita
moral/fabel yang telah dimiliki dengan pengetahun baru dari
hasil mengamati pemodelan menyusun teks rekaman percobaan dengan sikap
disiplin dan tanggungjawab.
Mengasosiasi.
1. Siswa
menganalisis kebenaran materi yang telah diperoleh dengan sikap jujur dan
tanggungjawab.
2.
Siswa menganalisis teks cerita moral/fabel yang berjudul Semut Yang Hemat dengan
menentukan unsur kebahasaannya serta langkah pembuatannya dengan sikap jujur
dan tanggung jawab.
|
15
menit.
10
menit.
10
menit.
5
menit.
10
menit.
10
menit
10
menit
|
Inquiry
|
3
|
Penutup
|
1.
Guru
dan siswa menyimpulkan pelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Siswa
membuat refleksi terkait pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.
Siswa
memberi umpan balik dari pelajaran yang telah dilaksanakan.
4.
Guru
memberikan informasi terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan pada
pertemuan berikunya.
|
15
menit
|
Ceramah
|
Pertemuan Kedua
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan apersepsi kepada siswa.
2.
Guru
mempersiapkan siswa agar siap belajar.
3.
Guru
memberikan ilustrasi pembelajaran.
4.
Guru
menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.
|
15 menit.
|
Ceramah
|
2
|
Inti
|
Mengkomunikasikan
1.
Siswa
mengumpulkan data berdasarkan kegiatan percobaan yang pernah dilakukan pada
mata pelajaran keterampilan kelas VII.
2.
Berdasarkan
data tersebut, siswa menyusun teks cerita moral/fabel dengan memperhatikan unsure serta kaidah kebahasaan
yang digunakan.
3.
Siswa
lain menanggapi hasil menyusun teks cerita moral/fabel dari temannya dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
50 menit
|
Inquiry
|
3
|
Penutup
|
1.
Guru
dan siswa menyimpulkan pelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Siswa
membuat refleksi terkait pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.
Siswa
memberi umpan balik dari pelajaran yang telah dilaksanakan.
4.
Guru
memberikan informasi terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan pada
pertemuan berikunya.
5.
Guru
memberikan tugas kepada siswa agar siswa mencari tahu terkait pembelajaran berikutnya.
|
15 menit.
|
Ceramah
|
I.
Evaluasi
Pembelajaran
1.
Penilaian
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Santun
|
Percaya Diri
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lanjutan
No.
|
Nama Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Jurur
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
sama sekali tidak
menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan
|
BT
|
sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
MT
|
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
MB
|
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
MK
|
Setiap
sikap yang dinilai maksimal mendapat 4 poin
Nilai Sikap
= (Jml skor diperoleh : 24) x 100
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Jenis/Teknik :
Tes/Tertulis
b.
Bentuk Instrumen
: Uraian
c.
Instrumen : soal
(terlampir)
d.
Pedoman Penskoran
(terlampir)
PEDOMAN PENSKORAN
Skor
Penilaian
Penghitungan
Nilai Akhir
Nilai =
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
Skor maksilam (15)
|
X
|
100
|
=……..
|
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Jenis : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Petunjuk
c.
Rubrik Penilaian : Terlampir
Nama
|
|
Kelas
dan NIS
|
|
Tanggal
|
|
Judul
teks
|
|
Petunjuk:
Kumpulkan data berdasarkan kegiatan
percobaan yang pernah dilakukan pada mata pelajaran Keterampilan kelas VII, kemudian
susunlah teks cerita
moral/fabel berdasarkan data tersebut!
No
|
Aspek
|
Bobot
|
Skor
|
1.
|
Penampilan
|
5
|
0-5
|
2.
|
Kesesuaian
data
|
15
|
0-15
|
3.
|
Informasi
yang disajikan
|
10
|
0-10
|
4
|
Keruntutan
struktur
|
10
|
0-10
|
![](file:///C:/Users/Win7/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
3
J.
Sumber
Belajar
W.S,
Hasanuddin dan M. Abdullah. 2014. Buku
Guru Bahasa Indonesia. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
W.S,
Hasanuddin dan M. Abdullah. 2014. Buku
Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Wahono,
Sawali dan Drs. Mafrukhi. 2013. Mahir
Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Banjarmasin,
Mei 2016
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar